Yuk Intip Cara Cebok di WC Duduk yang Baik dan Benar

Hampir sebagian besar toilet umum hingga toilet rumah saat ini menggunakan WC duduk walaupun tersedia juga pilihan WC jongkok. WC duduk yang ada saat ini pun beragam yang kadangkala membuat para penggunanya kebingungan bagaimana cara cebok di wc duduk tersebut. 

Biasanya kloset duduk memiliki bidet spray untuk cebok yang terpisah dari kloset namun ada beberapa yang memiliki bidet menyatu (built-in). Meskipun sama-sama berfungsi untuk membasuh area intim setelah buang air, cara penggunaannya sedikit berbeda.

Cara Cebok di WC Duduk dengan Benar

Jika Anda belum pernah menggunakan wc duduk, berikut ini cara yang baik dan benar ketika kebetulan menggunakannya terutama pada cara penggunaan bidet terpisah dan built-in.

1. Cara Menggunakan WC Duduk dengan Bidet Spray Terpisah

WC duduk dengan bidet spray terpisah atau banyak yang menyebutnya sebagai jet washer adalah jenis yang paling umum. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Bersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya menggunakan tisu agar lebih higienis
  • Duduk dengan posisi seperti biasa saat duduk di kursi, jangan berjongkok
  • Jika sudah selesai buang air, gunakan bidet spray yang terletak di samping kloset untuk membasuh dengan menekan tombol yang ada di bagian kepala bidet
  • Jika sudah bersih, Anda bisa langsung menekan tombol flush yang ada di bagian atas tangki atau bisa berada di bagian bawah samping tangki (berbentuk stick).

2. Cara Menggunakan WC Duduk dengan Bidet Spray Built-In

Cara cebok di WC duduk yang memiliki bidet spray built-in ini agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bidet spray terpisah. Jika menemukan kloset duduk yang tidak memiliki jet washer biasanya memiliki bidet spray built-in. Letaknya berada di dalam kloset dan posisinya akan berada tepat di bawah anus.

Berikut ini cara menggunakan kloset dengan bidet spray built-in agar tidak bingung. Penggunaannya sama seperti pada poin pertama, hanya berbeda pada cara penggunaan tombol bidet di toilet duduk.

  • Jika sudah selesai buang air besar atau kecil, pastikan memposisikan diri tepat di tengah kloset sehingga posisi bidet spray tepat berada di bawah anus
  • Setelah itu tekan tombol bidet agar menyemprotkan air untuk membasuh
  • Setelah itu Anda bisa langsung menekan tombol flush toilet duduk untuk membersihkan toilet tersebut

Tombol bidet spray built-in biasanya terletak di bagian samping kloset. Sebagian besar tombol tersebut berupa tombol putar sehingga Anda perlu memutar tombol tersebut kedepan atau kebelakang untuk dapat menyemprotkan air.

Seperti itulah penjelasan mengenai cara cebok di WC duduk serta penggunaannya yang baik dan benar. Untuk mendapatkan tips dan solusi berkaitan dengan toilet Anda, jangan lupa untuk menyimak berbagai informasi bermanfaat lainnya dalam menjaga kebersihan toilet. Begitu juga dengan rekomendasi-rekomendasi jasa sedot wc terbaik di sekitar Anda.

Tinggalkan komentar