Pengertian dan Fungsi VPS Murah Indonesia

Apabila membicarakan tentang website, pasti akan bersinggungan dengan domain, hosting dan server. Bahkan, VPS murah Indonesia yang merupakan salah satu layanan web hosting populer saat ini.

Apabila Anda sebelumnya sudah mengenal shared hosting, maka perlu tahu juga kelebihan terkait VPS Hosting ini. Apalagi bila Anda ingin membangun sebuah website, maka hosting jenis ini bisa menjadi pilihan tepat.

Pengertian VPS Murah Indonesia

Virtual Private Server (VPS) merupakan salah satu hosting yang secara keseluruhan menggunakan teknologi virtual. Jika dilihat dari penggunaan resourcenya lebih bersifat private (satu pengguna), sehingga tidak akan terpengaruh oleh user yang lain.

Jadi dapat dikatakan, sudah menggunakan server virtual karena server jenis ini tidak mempunyai fisik dan bersifat maya. Berbeda halnya dengan hosting jenis shared yang bentuk fisiknya, bisa melakukan konfigurasi.

Sementara itu, jika dilihat dari segi jaringan, VPS murah Indonesia jauh lebih stabil dan aman. Hal ini karena resource hanya bisa diakses oleh satu pengguna saja.

Bahkan, pada websitenya Anda sudah tidak bisa menangani trafik yang tinggi. Jadi sudah saatnya beralih ke hosting jenis VPS ini.

Fungsi dari VPS

Setelah Anda berhasil memahami tentang apa itu hosting virtual, sebaiknya juga tahu fungsinya. Fungsi utamanya, dapat menampung trafik menengah hingga tinggi. Di bawah ini sudah ada beberapa fungsi dari hosting VPS yang harus diketahui, yaitu:

1. Mampu Menampung Trafik Menengah Sampai Tinggi

Apabila Anda ingin sekali membangun sebuah website dengan trafik tinggi, sebaiknya memilih jenis hosting VPN ini. Namun, saat Anda mempunyai website dengan hosting (share hosting) ini jangan berpindah ke virtual hosting ini (VPS).

Hal ini agar Anda bisa mengetahui trafik yang tinggi oleh share hosting. Umumnya, penyedia layanan hosting dapat memberikan pemberitahuan buka website Anda sudah tidak mampu menangani trafik yang terlalu tinggi.

2. Web Hosting Skala Kecil

VPS murah Indonesia juga cocok sekali untuk Anda yang memiliki usaha jasa pembuatan website kecil-kecilan. Jadi Anda bisa lebih mudah membuat hosting sendiri untuk website client dan tentunya bisa disesuaikan dengan kapasitas VPS.

3. Menyimpan File Hosting

Apabila berbicara terkait hosting tentunya berhubungan dengan media penyimpanan file. Sebetulnya, bisa saja digunakan untuk menyimpan file-file pribadi.

Namun, hal ini tidaklah bijak karena hosting sendiri digunakan untuk kebutuhan website. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan VPS dalam menyimpan file-file Anda.

Hal ini karena memang sudah menjadi hak Anda untuk menggunakanya. Sama seperti Google drive, DropBox dan lain sebagainya sebagai salah satu penyimpan file dan backup.

4. VPS Hosting Untuk VPN

Saat ini sudah banyak sekali pengguna VPS murah Indonesia yang memanfaatkannya sebagai server dan digunakan untuk VPN (Virtual Private Network). VPN disini berarti sebuah jaringan private yang biasanya digunakan oleh perusahaan VPN untuk koneksi anggotanya.

Melalui VPN ini perusahaan dapat berbagi file, data dan lain-lain. Khususnya pada karyawan ataupun anggota sehingga lebih aman.

5. Remote Desktop

Hanya dengan menggunakan VPS Anda dapat mengakses atau mengontrol server secara penuh kapan pun dimanapun. Jadi semua pekerjaan akan lebih mudah dengan VPS murah Indonesia.

6. Server Percobaan

Apabila Anda sedang mengembangkan sebuah software atau aplikasi dan lain sebagainya membutuhkan server. Oleh karena itu, dengan VPS ini bisa membuat Anda melakukan percobaan. Bahkan, melalui VPS ini Anda memiliki virtual server dengan harga yang terjangkau.

7. Backup

Saat ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan VPS sebagai backup file data. Salah satu fungsinya untuk menyimpan backup website.

Jadi pada saat Anda mempunyai website tentunya tidak ingin mengalami hal yang tidak diinginkan seperti terkena hacker, malware dan lain sebagainya. Maka dengan VPS inilah dapat digunakan sebagai server cadangan.

VPS efektif digunakan bagi yang memiliki usaha didunia maya dengan traffic yang tinggi, Kenapa? Hal tersebut karena apabila menggunakan hosting biasa, traffic yang tinggi akan menarik perhatian admin hosting untuk memblok hosting anda karena dianggap akan mempengaruhi kinerja hosting-hosting yang lain.

Sementara itu, itu di dalam VPS juga tersedia jenis URL adalah rangkaian situs web yang tertera. Di mana berisi nama folder, protokol bahasa dan sebagainya yang menuju ke WWW (world wide web).

Originally posted 2022-06-14 11:03:27.

Tinggalkan komentar