Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate di Blog Evermos

Seorang fresh graduate tentunya sebagian besar belum memiliki pengalaman bekerja. Dengan begitu, kurang paham mengenai tata cara penulisan surat lamarannya. Oleh karena itu, seseorang bisa melihat contoh surat lamaran kerja fresh graduate di blog Evermos ini. 

Jadi, nantinya akan tahu seperti apa tata cara penulisan yang benar. Selain itu, bisa memahami bagian-bagian yang wajib pelamar cantumkan dalam berkas lamaran. Dalam artikel ini, juga akan diberikan tips penulisan pada amplop berkas yang benar. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Di bawah ini akan dicantumkan penjelasan dan contoh surat lamaran kerja fresh graduate tanpa pengalaman. Jadi, pastikan menyimaknya dengan saksama. 

Tanggal dan Lokasi Surat Lamaran

Pada bagian paling atas, seorang pelamar harus mencantumkan tanggal dan lokasi pembuatan. Letaknya biasanya ada atas pojok sebelah kanan. Contohnya seperti:

Makassar, 05 Mei 2022

Salam Pembuka

Tulisan salam pembuka yang benar dan baik, biasanya dengan kata Dengan hormat. Namun, sebelumnya, pelamar sudah menuliskan kepada siapa berkas lamaran tersebut ditujukan. 

Rangkaian penulisannya yaitu menggunakan kata Kepada pada baris pertama. Kemudian, baris selanjutnya menggunakan kata Yang terhormat atau biasa ditulis Yth Bapak atau Ibu HRD.

Setelah itu, tulis di baris berikutnya dengan alamat perusahaan secara lengkap. Kemudian, jangan lupa untuk mencantumkan perihal yang menunjukkan maksud dari surat lamaran tersebut. Contoh surat lamaran kerja 2022 sebagaimana berikut. 

Kepada, 

Yth Bapak atau Ibu HRD

Di perusahaan Gemilang Jaya

Jl. Rambutan No. 154, Jakarta Selatan

Perihal: Lamaran pekerjaan di Gemilang Jaya Dengan hormat, 

Membuat Paragraf Pertama yang Berisi Identitas Diri

Secara teori, ada 3 bagian yang utama dalam surat lamaran pekerjaan. Bagian pertama adalah berisikan kesan terhadap lowongan tersebut. Dengan begitu, akhirnya tertarik untuk melamar di bidang lowongan yang ada. 

Dalam pembuatan paragraf pertama ini, pastikan menggunakan kalimat yang tidak bertele-tele. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan identitas diri. Contohnya sebagaimana berikut. 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini dengan indetitas:

Nama

Tempat dan Tanggal Lahir

Jurusan atau Pendidikan

Alamat

Telepon

Mengisi Tubuh Surat dengan Kalimat yang Menarik

Setelah bagian pembuka, selanjutnya menulis bagian isi atau tubuh surat. Pada bagian ini, usahakan menggunakan kalimat yang menarik. Misalnya memberikan informasi tentang kemampuan atau keterampilan yang dimiliki. 

Tulis Bagian Penutup dengan Ucapan Terima Kasih

Bagian yang terakhir adalah penutup. Pelamar bisa menggunakan kalimat ucapan syukur atau terima kasih. Dengan harapan bisa diterima dalam bidang pekerjaan yang sedang dilamar. 

Setelah itu, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pelamar. Berikut contoh surat lamaran kerja simple. 

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan agar bisa mengikuti tes selanjutnya, terima kasih. 

Hormat saya, 

(Spasi) 

Key Kijoshi

Tips Penulisan pada Amplop Lamaran Kerja Fresh Graduate

Beras lamaran yang sudah dibuat tentu anaknya akan dimasukkan dalam sebuah amplop. Supaya tidak salah dalam memilih, maka di bawah ini akan dijelaskan seperti apa pemilihan yang benar. 

Pada sebuah berkas lamaran, biasanya amplop yang dipakai adalah yang berwarna coklat. Amplop tersebut juga harus sudah ada perekatnya dan dilengkapi dengan lilitan benang. 

Selain itu, perhatikan juga dalam pemilihan ukurannya. Sebisa mungkin harus disesuaikan dengan berkas lamaran. Dengan begitu, tidak akan terlalu besar atau kekecilan. 

Kemudian, di luar amplop harus pelamar cantumkan juga alamatnya. Seseorang juga harus tahu bagaimana cara penulisan yang baik. Jika belum tahu, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut. 

  • Nama pelamar harus jelas dan lengkap, jadi bukan berupa nama panggilan saja. 
  • Harus mencantumkan alamat aktif secara lengkap dan jelas. Diantaranya berupa nama jalan, perumahan, RT RW, dusun, desa, kecamatan, kabupaten, dan kode pos. 
  • Nomor telepon harus jelas. 
  • Bidang pekerjaan yang dipilih. 
  • Alamat perusahaan, pastikan ditulis dengan benar. 

Dalam membalas balasan Email dari HRD juga harus menggunakan format yang benar. Diantaranya berupa subjek Email, salam, ucapan terima kasih, isi Email, dan penutup. Selain itu, juga harus menggunakan bahasa yang formal dan sopan. 

Hal tersebut akan menunjukkan kepribadian pelamar. Bagi HRD yang teliti, mungkin cara membalas pesan juga masuk dalam kategori penilaian. Sebaiknya pelamar juga harus cepat dalam merespon pesan tersebut. 

Jadi, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi Email. Jika ingin tahu keterangannya lebih lanjut, maka bisa cek sendiri di blog Evermos. Di sana, seseorang juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat lainnya. 

Originally posted 2022-05-17 15:17:00.

Tinggalkan komentar