Close

Cara Mengurangi Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Gambar merupakan bagian integral dari semua jenis situs web, halaman media sosial, dan sebagian besar saluran iklan & pemasaran. Selain itu, platform ini biasanya memerlukan gambar berkualitas tinggi yang menunjukkan semua detail dan idealnya mengkomunikasikan pesan.

Namun, gambar berkualitas tinggi dengan ukuran file besar terkadang dapat memperlambat situs web, yang dapat mengganggu pengalaman pengguna dan meningkatkan rasio pentalan. Itulah mengapa sangat penting bagi pemilik atau pengelola situs web untuk mengurangi ukuran gambar sebelum mengunggahnya ke situs web mereka. Jika tidak, alih-alih memberikan manfaat, gambar-gambar itu dapat membahayakan situs web.

Masalahnya adalah banyak pengguna tidak tahu bagaimana mereka dapat mengurangi file gambar mereka. Bahkan jika mereka tahu, mereka mungkin menggunakan teknik kompresi gambar yang dapat mengurangi kualitas gambar juga. Jika Anda juga menghadapi masalah seperti ini, artikel ini memiliki jawabannya.

Berikut adalah cara terbaik untuk mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas.

Gunakan Kompresor Gambar Berbasis

Web Alat kompresi gambar berbasis web telah membuat proses lebih mudah dikelola dan tidak terlalu rumit dari sebelumnya. Ada saat ketika pengguna hanya memiliki satu solusi, gunakan program perangkat lunak. Namun seiring berjalannya waktu, banyak alat kompresi gambar telah dikembangkan untuk membantu pengguna dalam kompresi foto.

Banyak situs web berbasis alat telah menyertakan kompresor gambar online dalam daftar utilitas mereka. Alat-alat itu jauh lebih baik dalam banyak hal. Misalnya, mereka cukup mudah digunakan dan dapat dengan cepat kompres JPG gambar.

Selain itu, sebagian besar alat berbasis web juga mendukung banyak perangkat dan browser, Anda tidak memerlukan perangkat atau browser tertentu untuk ukuran kompres foto. Selain itu, mereka juga merupakan pilihan yang baik karena Anda tidak perlu menginstal program apa pun di sistem Anda yang dapat memperlambat perangkat Anda.

Namun, ingat bahwa Anda hanya boleh menggunakan alat yang mengecilkan ukuran foto, bukan kualitasnya. Selain itu, dapat membantu jika Anda juga menggunakan alat yang memungkinkan pengguna mengunggah gambar dalam berbagai format. Misalnya, beberapa alat hanya mendukung file JPG; jika file Anda dalam format PNG, alat-alat itu sama sekali tidak berguna untuk Anda.

Coba Aplikasi Seluler Aplikasi

seluler kompresi foto adalah alternatif yang bagus jika Anda tidak ingin menggunakan alat berbasis web. Karena kebanyakan orang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses internet, beberapa perusahaan telah mengembangkan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna seluler. Pengguna seluler mungkin perlu kompres foto ukuran untuk mentransfer file melalui platform berbagi file, termasuk Gmail, WhatsApp, Outlook, dll.

Berbagai aplikasi seluler cukup bermanfaat bagi pengguna karena juga tidak mengurangi kualitas gambar. Namun, satu-satunya masalah adalah pengguna harus mengunduh dan menginstal aplikasi di perangkat mereka. Jika mereka hanya ingin menggunakan aplikasi sekali atau dua kali, mereka masih harus mengunduhnya untuk digunakan. Itulah mengapa kebanyakan orang lebih memilih utilitas berbasis web untuk kompresi gambar, karena mereka tidak perlu mengunduh apa pun di perangkat mereka. Selain itu, mereka juga tidak perlu mendaftar atau memberikan informasi pribadi apa pun untuk mulai menggunakan alat ini.

Meskipunalat Program Perangkat Lunak Kompresor Foto

online dan aplikasi seluler telah mempermudah proses kompresi foto, banyak pengguna lebih memilih program perangkat lunak untuk tujuan ini. Program-program ini memberikan banyak manfaat yang mungkin tidak didapatkan pengguna di tempat lain. Misalnya, beberapa program menawarkan lebih banyak penyesuaian daripada alat online mana pun. Selain itu, mereka juga mendukung hampir semua format gambar, termasuk PNG, JPG, GIF, TIF, dll.

Banyak program juga menyediakan fasilitas untuk membandingkan kedua file sehingga pengguna dapat menyesuaikannya sebelum memulai proses kompresi. Mereka dapat memilih kualitas dan ukuran sesuai dengan kebutuhan mereka. Beberapa alat juga membantu pengguna melakukan berbagai tugas lain seperti mengonversi gambar dan mengeditnya.

Masalah dengan sebagian besar perangkat lunak kompresi gambar adalah ukurannya. Selain itu, beberapa di antaranya cukup sulit digunakan bagi mereka yang tidak tahu banyak tentang pengoperasian perangkat lunak.

Ekstensi Browser Web

Menggunakan perangkat desktop, Anda juga dapat mencoba ekstensi browser untuk mengompres foto. Banyak perusahaan kecil dan besar telah mengembangkan ekstensi kompresor gambar yang cukup membantu untuk semua orang. Menggunakan ekstensi ini relatif mudah karena Anda dapat mengompres gambar dalam beberapa klik. Selanjutnya, Anda juga tidak perlu mencari kompresor gambar kapan pun Anda membutuhkannya.

Untuk mengompresi gambar dengan bantuan ekstensi ini, Anda tidak perlu melakukan tugas rumit apa pun. Cukup klik pada ikon ekstensi, dan Anda akan mendapatkan berbagai opsi, dari mana Anda harus memilih opsi unggah. Setelah mengunggah file, tekan kompresor atau tombol serupa lainnya. File terkompresi Anda akan berada di depan Anda dalam beberapa detik.

kata Akhir

Ketika datang untuk mengurangi ukuran file gambar, Anda memiliki banyak pilihan, dan setiap pilihan memiliki pro dan kontra eksklusif. Anda harus mengetahui kebutuhan dan perangkat Anda karena kedua hal ini dapat membantu Anda memutuskan opsi mana yang paling cocok untuk Anda.

Tinggalkan komentar