Close

Cara Berhemat Sesuai Pendapatan Menggunakan Digital Banking

Zaman sekarang ini memiliki tingkat kebutuhan yang sering sekali naik. Sehingga meski Anda sudah mencoba untuk mengatur uang secara ketat agar bisa menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk keadaan darurat, rasanya tetap kurang. Oleh karena itu, penting untuk mulai memperhatikan pengaturan keuangan Anda kembali apabila terasa banyak sekali kebutuhan dalam hidup agar bisa menabung dengan nyaman.

Cara Berhemat Sesuai Pendapatan

Lalu, bagaimana cara terbaik kita untuk mengatur keuangan agar bisa menabung dengan mudah? Tidak ada cara yang benar maupun salah dalam mengatur keuangan karena harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Begini cara berhemat sesuai pendapatan menggunakan digital banking.

  • Membayar Diri Sendiri

Meski pada dasarnya menabung akan lebih mudah ketika kita banyak uang, tetapi dengan pendapatan cukup pas-pasan Anda tetap bisa mengusahakannya. Salah satu caranya yaitu dengan membayar diri sendiri.

Sebelum membayar diri sendiri ini, minimal Anda memiliki 2 rekening tabungan. Yang pertama digunakan untuk menerima gaji pokok dan pembayaran tagihan, sedangkan yang kedua untuk menyisihkan dana sebelum melakukan pembayaran tagihan.

Maka sebelum Anda membayar tagihan, sisihkan sejumlah dana terlebih dulu untuk membayar diri sendiri di rekening tabungan yang lain.

  • Usahakan Tidak Berhutang

Untuk beberapa orang, tidak berhutang memang sulit apabila dihadapkan dengan berbagai macam kebutuhan. Namun, tetap sadari bahwa dengan berhutang, tentu pembayaran untuk kebutuhan lainnya akan berkurang karena harus membayar hutang.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur berhutang, cobalah untuk mulai mencicil hutang Anda. Buatlah sistem anggaran tersendiri untuk hutang ini. Misalnya saja sebelum membayar tagihan lainnya, Anda harus menabung dan mencicil hutang di awal. Barulah sisa uang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Mulailah Menabung dari Rp5.000

Apabila dirasa tagihan kebutuhan terlalu banyak, Anda bisa mulai mencicil tabungan mulai dari Rp5.000 saja. Anda bisa memasukkan uang ke dalam kotak penyimpanan secara teratur sebelum memasukkannya ke dalam rekening tabungan digital banking Anda ketika sudah memiliki jumlah yang cukup.

  • Manfaatkan Tawaran Diskon

Dengan adanya diskon, setidaknya Anda akan lebih menghemat pengeluaran yang ada untuk membeli barang kebutuhan.

  • Catatlah Setiap Pengeluaran

Yang terakhir adalah dengan mencatat pengeluaran yang ada. Gunanya dari mencatat ini, Anda bisa melakukan evaluasi untuk kebutuhan pengeluaran bulan berikutnya.

  • Usahakan Untuk Membawa Bekal Ketika Bekerja

Mungkin sebagian dari teman-teman Anda akan mengajak makan di luar untuk saling mempererat pertemanan antar teman kerja. Namun, Anda tidak harus melakukannya setiap hari. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membawa bekal dan minum sendiri dari rumah agar menghemat pengeluaran Anda ketika sedang berada di tempat kerja. Sedangkan untuk ajakan makan-makan bersama bisa Anda lakukan seminggu sekali atau sebulan sekali saja bersama teman–teman.

Dari cara-cara di atas, Anda bisa mulai membuat rekening tabungan khusus untuk menyimpan dana darurat ini. Salah satunya dengan digital banking seperti Aplikasi digibank by DBS.

Jadi, apa itu digital banking? Digital banking adalah sistem bank berbadan hukum di Indonesia yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik yang terbatas. Pengertian ini berdasarkan peraturan POJK No.12/POJK.03/2021.

Maka dari itu, digital banking adalah salah satu rekomendasi mudah untuk melakukan transaksi tanpa Anda harus ribet ke bank.

Ada beberapa kemudahan yang akan Anda dapatkan ketika mendaftar di aplikasi digital banking ini, seperti:

  • Anda bisa membuka rekening atau tabungan tanpa harus repot-repot ke Bank. Di sini Anda hanya perlu melakukan registrasi di Aplikasi digibank by DBS tanpa mengisi dokumen yang berlembar-lembar jumlahnya.
  • Selain itu, sistem verifikasinya juga mudah. Aplikasi digibank by DBS sudah menggunakan fitur face recognition on-boarding. Sehingga Anda hanya perlu menyiapkan e–KTP dan mengisi biodata yang diperlukan. Setelah itu, Anda bisa melakukan verifikasi wajah hanya melalui kamera depan HP saja sehingga prosesnya 100% digital.
  • Gratis melakukan transfer ke mana saja dan bebas biaya admin bulanan di Aplikasi digibank by DBS dengan syarat saldo rata-rata minimal Rp5 juta per bulan. Selain itu, Anda juga bisa tarik tunai secara gratis di semua ATM untuk 5 kali transaksi pertama di setiap bulannya.

Lalu, bagaimana caranya untuk mulai mendaftar digital banking dari Aplikasi digibank by DBS ini? Yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui Playstore atau Appstore. Kemudian, Anda bisa melakukan login sesuai dengan ketentuan yang diarahkan dari aplikasi tersebut. Mulai dari pengisian data diri hingga melakukan verifikasi.

Apabila merasa kesulitan, Anda bisa menghubungi call center yang tertera di Aplikasi digibank by DBS tersebut. Mudah, bukan? Yuk, mulai menabung menggunakan digital banking dari Aplikasi digibank by DBS sekarang!

Tinggalkan komentar