close

Serunya Berbisnis Escape Room Kegemaran Netizen

Escape Room jadi gebrakan baru dalam dunia bisnis hiburan. Pasalnya, kehadirannya mampu menjawab imajinasi masyarakat mengenai kegiatan detektif atau pemburuan dalam sebuah permainan. Bisnis ini begitu menjanjikan jika Anda berani untuk mengambilnya, dan mendapatkan modal dari pinjaman uang di bank.

Apabila Anda masih belum memahami terkait bisnis ini, Escape Room adalah sebuah permainan yang mengharuskan otak untuk berpikir dalam menyelesaikan sebuah masalah. Anda akan mudah menemukannya pada permainan dunia maya. Dalam satu waktu, Anda akan diminta untuk menemukan jalan keluar dari permainan ini.

Kembangkan Bisnis Escape Room dengan Pinjaman Uang di Bank

Sudah mulai memahami kan bagaimana keseruan permainan ini? Maka dari itu, games yang satu ini sangat populer di dunia. Sayangnya, di Indonesia masih jarang orang yang mau membangun bisnis.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus menangkan peluang tersebut. Ada beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan Anda agar segera membangun Escape Room. Berikut ini penjelasannya:

  • Masih Jarang di Indonesia

Wahana permainan khususnya untuk orang dewasa masih sangat jarang di Indonesia. Padahal kebutuhan ini cukup penting. Apalagi banyak orang Indonesia yang membutuhkan hiburan menyenangkan, sekaligus menegangkan di tengah padatnya aktivitas kantor.

Ini kesempatan Anda untuk membuka bisnis Escape Room. Sebab keberadaannya masih sangat jarang di Indonesia. Bahkan hanya ada di kota tertentu saja. 

  • Permainan yang Bermanfaat

Tidak hanya sekadar hiburan. Escape Room membuat Anda bisa mengasah otak jadi lebih baik lagi. Sebab, permainan ini membutuhkan pikiran yang baik untuk memecahkan masalah. Apabila Anda tidak berpikir dengan baik, maka jalan keluar tidak akan Anda dapatkan. 

Permainan mengasah otak akan membuat Anda jadi lebih terlatih menyelesaikan masalah. Termasuk bekerja sama dengan tim. Sebab dalam satu kali permainan, Anda akan bekerja bersama tim atau partner.

  • Memiliki Pasar yang Jelas

Anda tidak perlu bingung memikirkan pasar, karena sudah jelas-jelas ada. Mereka yakni orang dewasa yang ingin bermain dan mengasah kemampuan otak. Anda bisa menawarkan permainan ini menjadi acara outbond kantor Anda.

  • Profitnya Tinggi

Meski modalnya tak sedikit, namun untuk satu arena atau permainan, Anda sudah bisa meraup keuntungan berlipat. Sebab pekerjaan ini cukup membutuhkan satu kali modal. Kemudian menjualnya ke ratusan pelanggan selama beberapa bulan sekaligus.

Berdasarkan data dari pemimpin di Asia, profit margin permainan ini mencapai 75% di dua tahun pembangunan. Baru kemudian turun menjadi 50-60 persen di tahun berikutnya.

Persiapan untuk Membangun Escape Room yang Seru!

Untuk membangun wahana permainan ini, Anda harus mempersiapkan biaya mulai dari Rp100 – 450 juta. Semua tergantung dengan permainan yang ada pada wahana Anda. Berikut ini beberapa equipment yang Anda butuhkan untuk membuat room yang seru!

  • Lahan dan Bangunan

Pertama, Anda harus memiliki lahan dan bangunan. Untuk biaya sewa ini biasanya sekitar Rp130 juta per tahunnya, dengan luas sekitar 1000 m2. Ini untuk daerah Jakarta agak ke pinggir. 

Sementara untuk biaya penataan ruang dan perbaikannya, Anda bisa merogoh kocek sekitar Rp50 juta. Sehingga totalnya menjadi Rp180 juta.

  • Bangun Permainan

Setelah itu, Anda perlu membuat Escape Room sendiri. Apabila Anda memiliki banyak ide kreatif, pembuatannya sendiri untuk satu permainan bisa mencapai Rp25 juta. Untuk sementara, Anda bisa membuat 3 permainan dengan cost sekitar Rp75 juta.

Permainan ini bisa mencakup pembuatan puzzle, mystery box atau bisa juga menggunakan virtual game. Anda tinggal mencari beberapa referensi, kemudian mulai melakukan penyusunan prototype untuk games ini.

  • Hire Teknisi

Hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah dengan merekrut teknisi dan karyawan yang kreatif dalam membuat board games. Sebab, Anda akan membangun sendiri bisnis ini. Jadi sebisa mungkin, karyawan yang Anda rekrut telah memiliki background seorang kreatif dan ahli dalam pembuatan board games.

Anda bisa menyediakan budget sekitar Rp30 juta untuk rekrutmen ini. Cukup untuk 2 orang karyawan Anda.

  • Komputer dan Peralatan Lain

Terakhir, Anda bisa menyediakan biaya untuk pembelian komputer dan peralatan kantor lain. Sediakan budget Rp10 juta saja untuk ini. Sebab Anda hanya membutuhkan komputer dengan spek yang biasa untuk administrasi.

Dengan demikian, budget keseluruhan untuk membuat bisnis yang satu ini adalah Rp295 juta. Terdiri dari sewa bangunan, hire teknisi, pembuatan board game hingga beli peralatan.

Pinjaman Dana KTA untuk Bisnis Escape Room

Dari mana ya dana untuk membuat bisnis ini? Tenang saja, Anda bisa mendapatkan pinjaman 300 juta dengan DBS KTA (Kredit Tanpa Agunan). Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan pinjaman ini. Antara lain:

  1. Limit pinjaman sampai Rp300 juta
  2. Bunga flat untuk pinjaman Anda mulai dari 0,88 persen saja per bulan
  3. Syarat untuk pengurusan pinjaman ini cukup simple, cukup e-KTP dan NPWP dengan  gaji 5 juta perbulan serta kredit di bank lain minimal 10 juta
  4. Anda bisa mengatur tenor sesuka hati, dengan jangka waktu pinjaman hingga 36 bulan;
  5. Proses approval untuk pinjaman ini sangat cepat, hanya 3-5 hari kerja saja.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, ini saatnya untuk membangun bisnis escape room! Langsung saja kunjungi situs DBS KTA untuk mencari tahu langkah-langkah mendapatkan pinjaman 300 juta. 

Demikian informasi mengenai bisnis Escape Room yang saat ini sedang ramai disukai oleh warganet. Semoga bisa membawa ide segar baru dalam berbisnis hiburan ya! Jangan lupa untuk memanfaatkan pinjaman uang di bank untuk bisnis Anda!

Originally posted 2023-01-25 12:48:04.

Tinggalkan komentar