Masalah yang kerap dihadapi oleh klinik kesehatan adalah pada sistem operasional yang di jalankan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan software klinik kesehatan yang tepat dan sesuai kebutuhan klinik dalam menangani manajemen dan meningkatkan kinerja pelayanan.
5 Fitur Wajib yang Harus Ada pada Software Klinik
Agar manajemen dapat berjalan dengan lancar, tidak ada salahnya untuk menggunakan software klinik yang tepat guna. Dengan demikian akan memudahkan manajemen klinik dalam berbagai hal penting yang menunjang lancarnya usaha.
Berikut adalah beberapa fitur wajib yang harus terdapat dalam sebuah software untuk klinik mempermudah pekerjaan.
-
Fitur Data Pasien
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai kemampuan sebuah software dalam mengatasi masalah. Maka fitur utama yang wajib ada dalam sebuah software adalah fitur data pasien yang sangat efektif untuk mengatasi data pasien agar tidak tumpang tindih atau hilang bila menggunakan sistem manual.
Fitur ini sangat efektif untuk memudahkan pencarian dan penyimpanan data pasien dalam sebuah klinik. Bahkan dengan menggunakan software untuk klinik ini dapat dilakukan pengaturan reservasi kunjungan sesuai jadwal pasien maupun dokter yang sudah ditentukan sebelumnya.
Umumnya fitur data ini juga dapat melakukan banyak hal penting lainnya yang sering kali dibutuhkan oleh pasien maupun dokter. Misalnya adalah seperti melacak kunjungan, laporan pengobatan pasien, dan rekap kedatangan pasien ke klinik.
-
Fitur Rawat Jalan
Hal penting berikutnya yang harus ada dalam sebuah software klinik adalah fitur rawat jalan yang akan membantu mempermudah pelaksanaannya. Terutama terhadap rencana rawat jalan dan tindakan medis yang dibutuhkan oleh dokter dan pasien.
Dalam fitur ini, semua tenaga medis dan staf dapat menggunakan data untuk mengetahui banyak hal yang penting. Diantaranya adalah seperti riwayat kesehatan pasien, diagnosa, resep obat dan tindakan, hingga surat rujukan pasien.
-
Fitur Farmasi
Fitur lain yang tidak kalah penting adalah pengelolaan farmasi yang dapat membantu operasional klinik menjadi lebih mudah. Fitur ini tidak hanya handal untuk mengelola stok obat melainkan juga berbagai alat kesehatan yang dibutuhkan.
Pada umumnya fitur ini memungkinkan staff dan dokter dapat mengawasi beberapa hal yang sangat penting. Diantaranya adalah rekap penjualan, stok obat, obat kedaluwarsa, penyesuaian stok obat, riwayat resep keseluruhan, Pembelian langsung dan pre-order, pemakaian barang habis pakai (BHP) dan statistik penjualan.
-
Fitur Pembayaran
Kemudian yang terakhir harus dimiliki oleh sebuah software untuk klinik yang baik adalah mempunyai sistem pengaturan pembayaran. Karena fitur ini akan memudahkan staf untuk transaksi pengobatan pasien.
Manfaat pentingnya adalah untuk pembayaran klaim, klaim asuransi, biaya operasional, kasir rawat inap dan alan, laporan pemasukan dan pengeluaran keuangan klinik, fee medis, tindakan, dan dokter.
-
Fitur Pendukung Lainnya
Terakhir adalah fitur pendukung yang lain dengan manfaat untuk mengintegrasi kebutuhan diagnostik pengobatan dengan layanan penunjang lainnya. Contoh dalam hal seperti ini adalah seperti laboratorium, selain mempermudah diagnosa juga pengelolaan laboratorium.
Demikianlah 5 fitur yang wajib ada dalam sebuah software klinik terbaik untuk menunjang peningkatan pelayanan kesehatan yang diberikan. Dengan demikian semua pasien dapat dilayani dengan baik dan puas dengan hasilnya.